Perfect is Nothing

Saya mendapati suatu pernyataan yang bagus tentang  kecantikan saat menonton film Fast Furious Five, dikatakan bahwa cantik itu identik dengan sesuatu yang sulit untuk ditaklukan, dan sekalipun kita sudah berusaha gigih untuk menaklukannya, ia akan tetap melawan.

Di sisi lain saya menyadari bahwa kecantikan memang selalu mengandung sesuatu yang tersembunyi di dalamnya. Metafora yang menyatakan mawar merah yang penuh duri, itulah kecantikan. Di alam liar banyak sekali perumpamaan kecantikan seperti itu yang mengandung mara bahaya di dalamnya. Seperti eloknya ubur-ubur dengan ngengatnya, hingga keunikan motif kulit ular dengan bisanya yang mematikan.

Dalam karakteristik personal, kecantikan itu sangat mungkin seperti pernyataan atau metafora di atas. Karena kecantikan itu seringkali kita artikan sebagai kesempurnaan. Kita selalu mencari-cari sesuatu yang kita anggap sempurna bagi kita. Namun yang mesti kita sadari adalah kesempurnaan di dunia itu sangat mustahil. Sisi personal seseorang yang kita anggap sempurna kerap kali ternyata menyembunyikan sisi gelap yang memang cukup sempurna untuk disembunyikan sehingga lahirlah kesempurnaan itu.

Sesungguhnya yang mesti disadari adalah bahwa kesempurnaan itu adalah bagaimana diri kita menerima seseorang, baik pasangan, kawan, sahabat, dan orang-orang tersayang di sekitar kita apa adanya. Karena di dunia ini berlaku perfect is nothing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petuah Bijak - Dewa 19

Renungan: Tafakkur

Kecewa?

Persepsi

Menyadari