Gadis yang Lucu

Ini pengalamanku setahun yang lalu, aku masih ingat karena ini adalah pengalaman lucu dan unik bagiku.

Saat itu adzan maghrib telah dikumandangkan, aku mempersiapkan hati dan diri pergi menuju surau terdekat. Aku berangkat agak terlambat sehingga ketika di tengah jalan, kudengar suara iqamah dilantunkan, pertanda bahwa shalat maghrib akan segera di mulai di surau yang saya tuju tersebut.

Beberapa orang di jalan saat itu langsung berlari menuju surau. Aku pernah mendengar suatu hadits yang menyebutkan bahwa tidak dianjurkan untuk pergi shalat dalam keadaan tergesa-gesa. Jadi aku tetap berjalan santai, namun tetap bergegas supaya aku tidak ketinggalan 1 rakaat berjamaah.

Aku sudah berada di halaman surau saat seorang gadis kecil berdiri di hadapanku, sesaat ia seperti menghalangi langkahku. Aku hanya melempar senyum padanya.

Kukira aku menghalangi langkahnya menuju luar surau, namun tiba-tiba beberapa kalimat yang keluar dari ucapannya menyadarkanku

“Udah wudlu belum??”

Aku terdiam sejanak, mengingat dan kemudian aku kembali tersenyum dan merasa geli, tersenyum karena aku takjub dengan keluguannya mengingatkan diriku, geli pada diriku sendiri yang terhanyut dalam alam pikiranku sehingga aku hampir lupa berwudlu.

“oiya… lupa”, jawabku.

Hmm… gadis yang lucu, terima kasih karena telah mengingatkanku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petuah Bijak - Dewa 19

Renungan: Tafakkur

Kecewa?

Persepsi

Menyadari